Kamis, 11 Maret 2010

Maket SPA_Rumah Tinggal Dokter + Klinik













































































































































































yupss..ini rumah tinggal+klinik dokter yang gw bikin waktu tgas SPA 2...
tema yang gw ambil "MODERN TROPIS".Karena mengikuti iklim yang ada di Indonesia,so pazti tema tropis itu bakal nyangkut dalam desain rumah tinggal di indonesia. Sedangkan unsur modern yang gw terapin di rumah ini sebenarnya untuk menutupi kesan dari tampilan rumah tropis yang cenderung biasa saja..*hehe karna gw cndrung bosan ngeliat rumah tropis di indonesia yang terlihat datar,sama sekali gak ada kesan baru yang gw tangkep,...*

Nah sebenarnya gw cuma ngakalin di bagian fasad depannya doank buat nutupin tampilan yang membosankan itu..tapi kalo diliat dari belakang ato atas..nah baru berasa tu tropisnya..dengan atap setengah kuda..

kendala???

Cuma site ato kondisi lahannya doank..karena lahan buat tempat tinggalnya berada di belakang sebuah alfamart, ato mejorok ke dalam.Nahhh.... pasti bakalan menghalangi view ketika orang memandang dari depan rumah...makanya gw bikin vokal point berupa batang" baja serta kanopi yang menjulang ke atas *kata teman gw sih" itu perosotan yak hehe" ya keliatannya sih,,cuma perosotannya terlalu extreme bwt anak kecil,eh semua usia deh hahaha*

vokal point yang gw bilang(batang" besi itu loo..)tadi masi berasa belum sempurna dari pengerjaanya..kliatan tuh besinya belum ditempelin semua haha,,kendalanya gak lain gak bukan adalah WAKTU..pas gw liat dari samping kanan dan mencoba merasakan ketika menjadi penghuni rumah yang mau memasuki rumah.."Kok berasa bediri di bawah tower PLN yahhh hehehe" yahh gitu deh,,karena gw juga baru eksperimen bahan baja ke dalam maket,,jadi masih trial n horor, eh error.hehehe




klinik dokter,,hasilnya??gak nyangka tu klinik bisa selesei dalam satu malam..padahal semua data denah maupun 3D-nya ada dikomputer gw yang tiba" hang tanpa basa basi sama tuannya...*mampus aja puter otak tengah malem buat disain denah sama fasadnya lagi*...yah gni deh jadinya sistem kebut semalam..masi berantakan hehe..temanya masi mengkontekskan dengan desain tempat tinggalnya..


oh iya disini gw jga mencoba untuk memainkan kontur dengan sistem cut and fill..
coba diliat deh bagian garasinya...cukup untuk 4 mobil sedan tuh..hehe Edan ^^

materi yang keluar??
yah lumayan bikin lemez anak kos juga sih,,tapi klo ngeliat hasilnya bkin seneng tau hehe^^ makasi nih bwt my dad atas suport duitnya, my mom atas pengertiannya

so...be a creative person man!!





































2 komentar:

blog.GO.BLOG mengatakan...

Keren Kak, tp itu knpa bngunannya mesti bersudut-sudut gtw?? Rda aneh dstuwnyah, jd ada pemborosan ruang, syg jg kan sudut-sudut yg gag kpkenyah, mlh jd kyk byk ruang sisanyah, kurang efisien kyknya, ap gue sok tw yee?? ehhehehehe..

Tp keren!!

Arief Riansyah Bulwafa mengatakan...

sebenarnya tidak ada ruang negatif yang dihasilkan dari bentukan bersudut tersebut...disini mungkin hanya bisa dianalisis lewat denahnya...tpi belum gw cantumkan...disini gw coba mengeksplore, dimana bangunan harus bisa menyesuaikan dengan bentukan site...sedangkan batang- batang baja di area fasade berfungsi sebagai vokal poit. ini dibutuhkan agar bangunan mudah dikenali, dikarenakan lahan yang menjorok kedalam, hingga perlu disiasati dengan bentukan yang rada unik... :)