Selasa, 22 November 2011

Realita Kerjasama Tim dalam Sayembara Instalasi Publik...

Dalam Mengemukakan Sedikit Masalah Di Ruang Publik Lalu Mengintervensinya Menjadi Desain Yang Mampu Menjawab Masalah, Berbuntut 1 Bulan Waktu Kosong Dengan Hanya Menyisakan 8 Hari Kerja Rodi... Ide Terbaik Muncul Biasanya Disaat Kritis Masa Pengumpulan... Amati Prosesnya Gagasan Perancangannya... Semoga Bisa Membawa Tim Ini Kedalam Proses Diskusi Yang Cerdas OrdosstudiO (Arief) Kolaborator ( Adissa, Ratih )

Lajut menanggapi bagaimana proses bekerja sama dalam sebuah tim yang benar-benar baru ini. Setelah saya amati proses yang terjadi, jauh lebih membawa saya untuk dalam kondisi yang sangat nyaman terlebih dahulu untuk kemudian dapat melaksanakan sebuah kerjasama yang fokus dalam bekerja. Contohnya tidak memberi batasan kapan kita punya tenggat waktu untuk berdiskusi kemudian bekerja. Ini sebenarnya karena saya lebih menekankan bahwa kerjasama ini tidak boleh dalam bentuk paksaan terutama masalah waktu. setiap orang punya waktu-waktu yang jauh lebih punya prioritas, ataupun konsekuensi salah satu dari kami ada yang menangani proyek juga sehingga kecenderungan fokus menjadi buyar. Negatifnya dari metode ini saya malah terlihat tidak mampu memimpin diri sendiri dalam menetukan target. Yah kadang butuh sikap yang berbeda dalam membawa sebuah tim untuk menentukan goalnya dalam sebuah kompetisi desain. Kerjasama ini jauh dari kata ideal, karna dari kompetisi sebelumnya saya merasakan bahwa proses diskusi dengan mengerjakan rancangan secara bersama- sama jauh lebih mampu memberi hasil akhir yang jauh lebih baik ketimbang bekerja sendiri- sendiri lalu kemudian berkumpul dan berdiskusi. Batasan kebutuhan untuk duduk bersama inilah yang hrus dapat dirobohkan, karena sebenarnya dapat menjadi parameter  sejauh mana kita perduli terhadap apa yang kita kerjakan. mungkin guna mencapai ikatan emosi dalam penggodokan sebuah kasus yang akan dipecahkan khususnya..

Dan pengumuman pun masih lama sekitar tanggal 10 desember. Hasil kerja duduk bersama yang hanya semalam suntuk pada tanggal 29 november itu semoga bisa menambah pengalaman kami dalam bekerjasama khususnya mencoba-coba lagi metode yang paling sesuai dalam sebuah teamwork....

Arsitektur gak pernah se-asik ini :)

Tidak ada komentar: